Selasa, 17 Januari 2012

MARTABAK TEMPE & TEMPE PENYET KEMANGI


Hmm...Tempe...makanan yang satu ini favorit saya. Biasanya hanya di rendam dalam air dengan bawang putih dan garam trus digoreng garing, sudah menjadikan tempe makanan yang lezat, dimakan dengan nasi hangat atau jadi cemilan saja, pokoknya suka ^_^. Diolah menjadi aneka makanan apapun bisa...tentunya bergizi juga.

Dirumah ada 2 balok tempe, pikir-pikir dibikin apa ya...kalo digoreng gitu aja dah sering...mau bikin yang beda dulu, akhirnya yang terpikirkan ya martabak tempe. Tapi kalo cuma martabak tempe aja ga seru, hehe... ya sudah akhirnya bikin juga tempe penyet kemangi. Kulit martabaknya  bikin sendiri, bisa juga pakai kulit lumpia/pangsit yang sudah jadi. Karena saya tidak seahli abang” penjual martabak telur, yang kulit martabaknya dibuat tipis dan lebar baru diisi kocokan telur yang agak cair...saya bikin yang kecilnya saja deh, karena adonannya padat jadi kulit martabaknya diisi dengan adonan tempe, dilipat baru digoreng, hehe. Untuk tempe penyet kemanginya, saya lihat diblognya Meinekueche, klik disini, tentunya sudah disesuaikan dengan lidah saya.

Rasa martabak tempenya lumayanlah...saya sih lebih suka yang pakai tahu, teksturnya agak basah, kalau rasa tempe penyetnya enak. Harusnya temannya martabak itu acar timun atau cabe rawit hijau, ini pake tempe penyet kemangi, jadinya sama-sama tempe...hihi, cocok juga kok, cocok dilidah saya maksudnya ^_^.

Ini resepnya :

MARTABAK TEMPE


Bahan Kulit :
220 gram tepung terigu
120 ml air
1 sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur terigu dan garam , lalu tuangkan air sedikit demi sedikit kedalam terigu, kalau adonan sudah dirasa pas, tidak lengket, tidak usah menambahkan air lagi. Kalau adonan terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung terigu.
  2. Uleni adonan sampai kalis tidak melekat lagi. Kemudian bentuk adonan menjadi bola-bola seukuran bola pingpong.
  3. Olesi bola-bola dengan minyak goreng  atau rendam dengan sedikit minyak lalu biarkan selama 1 jam. Tutup dengan kain.
  4. Gilas adonan setipis mungkin dan taruh diwajan yang telah diberi minyak, harus cepat menaruh adonan isi diatas kulit, lipat kulitnya seperti bungkusan. Goreng sampai kecoklatan kedua sisinya (Bisa juga adonan isi di tuang ke kulit, lalu lipat seperti amplop, baru digoreng - cara ini untuk adonan isi yang padat bukan cair). Angkat, potong-potong martabak.
  5. Sajikan panas.
Note: usahakan menggilas kulit setipis mungkin

Bahan isi :
1 balok Tempe yang sudah dikukus, haluskan
4 siung Bawang merah, potong tipis
1 batang Daun bawang, dipotong-potong
1 buah cabe merah, haluskan
2 butir Telur
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur tempe, bawang merah, daun bawang, cabe, telur, garam, merica, aduk rata. Sebaiknya cicipi dulu rasa adonannya.
  2. Tuang adonan ke dalam kulit martabak .


TEMPE PENYET KEMANGI
Resep asli di blog Meinekueche klik disini 



Bahan :
1 balok tempe, dipotong lebar memanjang, goreng sampai kuning kecoklatan (saya gorengnya agak sedikit garing)
3 buah Cabe merah besar
4 buah Bawang merah
4 buah Bawang putih
¼ buah Kemiri, sangrai
¼ buah Tomat
¼ sdt Kaldu bubuk
½ ikat Daun Kemangi, atau sesuai selera
Garam secukupnya
Gula Merah secukupnya

Cara membuat :
  1. Goreng cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat sampai layu, jangan sampai gosong. Angkat, tiriskan.
  2. Ulek  kemiri, cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah, garam, sampai halus. Cicipi rasa.
  3. Masukkan tempe, ulek kasar jangan sampai halus.
  4. Masukkan daun kemangi, diulek asal saja. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar