Minggu, 05 Februari 2012

CILOK (ACI DICOLOK)

Penasaran ingin mencoba si Cilok begitu lihat gambarnya di blognya Mbak Ricke Indriani (Just My Ordinary Kitchen) klik disini dan di blognya Mbak Mira G. Lestari (Dapur Ipoek) klik disini, walaupun dibilang jajanan nggak penting,  tetap saja saya ingin tahu rasanya, hehe. Cilok menurut Wikipedia bahasa Indonesia, Cilok (singkatan dari Aci di colok) adalah sebuah makanan rakyat khas Jawa Barat yang berasal dari Indonesia yang terbuat dari tepung Kanji (aci dalam bahasa sunda) yang kenyal dengan di tambahkan bumbu pelengkap seperti Saus Kacang, Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat Telur atau cincang daging di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tepung kanji maka cilok jika dimakan rasanya kenyal.


Akhirnya saya sempatkan membuat cilok dengan menggunakan resep dari Mbak Ricke. Saya membuat dua versi cilok yang tradisional dan modern...yang versi modernnya hanya ditambahkan keju saja, hehe. Ternyata saya lebih suka yang tradisional tanpa keju ^_^. Rasa si Cilok cocok juga dilidahku...boleh juga, yang bikin enak yah saus kacangnya, untuk saus kacangnya saya pakai bumbu pecel instant.

Ini resep Cilok yang saya lihat di blognya Mbak Ricke Indriani (Just My Ordinary Kitchen) dan resep Saus Kacangnya di blognya Mbak Mira G. Lestari (Dapur Ipoek) :


Bahan:
200 gram Tepung sagu tani (saya pakai tepung kanji/tapioca)
200 gram Tepung terigu (all purpose flour)
2 siung Bawang putih, haluskan (atau garlic powder)
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 batang Daun bawang, iris halus (pakai bagian daun hijaunya)
400 ml air (gunakan secukupnya saja, kalau adonan sudah bisa dibentuk, hentikan penambahan air)

Air untuk merebus cilok

Isian (optional):
Keju cheddar parut


Cara membuat:
  1. Campur dan ayak tepung sagu tani/kanji dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan bawang putih, aduk rata. Sisihkan.
  2. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Masak hingga mendidih. Matikan api.
  3. Masukkan air kaldu yang masih panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dibentuk (kalau adonannya sudah bisa dibentuk, airnya tidak perlu ditambahkan lagi). Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri keju cheddar parut. Bulatkan. Jika tidak menggunakan keju atau isian lainnya, adonan langsung dibentuk bulat. Bulatkan sebesar bakso.
  4. Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat, kemudian masukkan ke dalam panci kukusan, kukus cilok sampai matang dan empuk.
  5. Sajikan panas dengan pelengkap saus kacang, saus sambal botolan dan kecap manis atau sesuai selera.
Saus Kacang :
1/2 bungkus bumbu Pecel instant
2 sdm Saus sambal botolan
1 sdm Kecap manis

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan sampai rata, tambahkan air panas, aduk rata. Cicipi rasa.
  2. Tuang ke atas cilok yang masih panas, aduk sampai semua cilok terbalut bumbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar