Jumat, 27 Januari 2012

KUAH ASAM


Kuah Asam ini juga merupakan makanan khas Sulawesi Utara dan favorit keluarga saya. Paling sering Mama membuat Kuah Asam ini, karena rasanya yang segar dan tentunya bergizi. Kaldu Kuah Asam di dapat dari ikan yang direbus dahulu, bisa menggunakan  ikan apa saja, ikan mas, ikan mujair, ikan cakalang, ikan tude, ikan roa mentah, dll, tapi yang paling enak sih ikan kakap merah yang masih fresh ^_^.  Dan untuk Asamnya, didapat dari tomat dan air jeruk limau. Dalam resep ini saya menggunakan ikan tude.
 

Isi dari kuah asam ini juga bervariasi, kadang Mama saya suka menambahkan labu dan jagung manis pipil, kentang, wortel atau sayur gedi. Dalam resep ini saya tidak menambahkan air jeruk nipis, tapi kaldu bubuk, kata Mama sih, untuk rasa asamnya dari tomat saja. Beda kalau Mama  membuat kuah asam dengan daging babi, harus pakai jeruk limau dan ditambahkan jahe.

Resep ini dari Mama saya.

Ini resepnya :

Bahan :
1,2 liter air
3 ekor ikan tude ukuran kecil, bersihkan, lumuri garam dan jeruk limau diamkan sebentar (bisa menggunakan ikan apa saja) kalau ikan ukurannya besar dipotong-potong dulu.
2 batang daun bawang, dipotong  sekitar 1 atau 2 cm, atau sesuai selera
2 batang kemangi, ambil daunnya
4 buah tomat, potong menjadi 2 atau 4 bagian, sesuai selera
½ lembar daun pandan
½ lembar daun kunyit
1 lembar daun jeruk
1 batang sereh, ambil bagian putihnya, memarkan
4 buah cabe rawit, dipotong menjadi 2 bagian
1 sdt garam
½ sdt kaldu bubuk (optional)
Air jeruk limau/jeruk nipis (saya tidak pakai)

Cara Membuat :
  1. Masukkan air dan ikan dalam panci, masak sampai air mendidih dan ikan matang.
  2. Kemudian masukkan daun bawang, tomat, kemangi, daun pandan, daun jeruk, daun kunyit, sereh, cabe rawit, garam, kaldu bubuk, aduk rata, dan cicipi rasa. Kalau suka bisa ditambahkan air jeruk limau.
  3. Masak sampai tomat agak layu atau sesuai selera. Angkat dan sajikan panas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar