Jumat, 23 Agustus 2013

SINGKONG (KEJU) MELEPUH

Paling enak dimakan selagi hangat, singkongnya krispi diluar dan empuk didalam, cara buatnya pun mudah. Oh ya, kalau di Surabaya dinamakan Pohong Keju (singkong keju) yang sama sekali tidak pakai keju ^_^. Kalau di Bandung dinamakan Singkong Keju Meletus, dan yang terakhir Singkong Melepuh. Namanya boleh berbeda tapi rasanya sama, hanya ditambahkan aneka topping seperti keju, susu kental manis, dll.

Ada dua cara membuat singkong ini, pertama singkong yang telah dipotong-potong, direbus dengan air, bawang putih dan garam sampai empuk, matikan api, lalu siram singkong dengan air dingin, tiriskan. Goreng dengan minyak banyak sampai berwarna kekuningan (minyak goreng bisa ditambahkan dengan margarin).

Cara yang kedua, siapkan wadah berisi air yang telah dicampur dengan bawang putih dan garam. Goreng singkong sampai setengah matang, angkat, dan masukkan ke dalam campuran air dan bawang putih. Diamkan sampai singkong mulai merekah, kemudian angkat dan goreng kembali singkong sampai berwarna kekuningan. Taburi dengan keju parut.

1 komentar:

  1. Saya juga tinggal di Surabaya tapi aslinya Jakarta. Sempet kecewa saat beli "Pohong Keju" tp gada kejunya blass...ahirnya aye bikin aja sendiri di rumah yg full Keju & siraman susu kental manis xixixi...

    BalasHapus