Senin, 09 Januari 2012

MARTABAK MANIS COKLAT KEJU


Jangan ditanya apakah saya suka martabak manis atau tidak? hihi...sangat suka ^_^. Berawal dari suka itu, saya akhirnya mencoba membuat sendiri. Soalnya kalau ingin makan martabak  di pagi hari ataupun siang hari, pasti ga jualan, tempat martabak favorit saya jualannya malam hari saja, hehe.

Kebetulan hari ini saya membuat Martabak manis jadi saya posting resepnya. Sudah beberapa kali saya mencoba aneka resep martabak manis, dari yang bahan-bahannya banyak sampai yang simple. Pembuatannya pun sering berakhir dengan gosong, keras, atau terlalu lembek. Berulang kali gagal, tidak membuat saya kapok, hehe. Harus terus dicoba sampai bisa, secara martabak ini favorit saya. Oh ya, saya belum punya loyang martabak, jadi saya menggunakan teflon (pan anti lengket), dan tentunya belajar dari pengalaman, saya sudah ahli menggunakannya untuk membuat martabak manis, hehe..muji diri sendiri.

Resep ini dari Bara Pattiradjawane, tapi saya lihat di blognya Ratu Azrita (aboutchocolate) dan resepnya sangat cocok dengan saya, sekali coba langsung sukses dan hasilnya enak . Jadi resep favorit selain resep martabak manis yang pakai ragi.

Ini Resepnya :


Martabak Manis
Resep oleh : Bara Pattiradjawane

Bahan :
250 gram Tepung terigu
1 1/4 sdt Baking powder double acting (harus yang double acting - merk Hercules)
75 gram Gula pasir
1/4 sdt Garam
300-325 ml Air (saya pakai 325 ml)
1 btr Telur, dikocok lepas
1/4 sdt Vanilla ekstrak/vanilli bubuk

Taburan Isi:
Meises Coklat, Keju, Susu Kental Manis Putih atau sesuai selera.

Resep ini hasilnya 2 buah Martabak, dengan Teflon Ukuran 25 cm.


Cara membuat :
  1. campur tepung terigu, baking powder double acting, gula, garam, aduk rata. Masukkan telur kocok, vanilla dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata dan halus.
  2. Tuang adonan ke dalam loyang martabak/teflon (pan anti lengket) yang sudah dipanaskan (harus panas tapi jangan sampai berasap). Untuk teflon, gunakan api yang sangat kecil.
  3. Tunggu sampai muncul gelembung/lubang-lubang kecil di permukaan adonan. Tutup loyang dengan penutup, tunggu sampai permukaan agak kering, lalu taburi gula secukupnya.
  4. Setelah matang (bila permukaan martabak sudah kering dan pinggirannya berwarna kecoklatan), angkat dari api. Taburi dengan Meises Coklat, Keju, dan Susu Kental Manis atau sesuai selera. Lipat martabak dan keluarkan dari loyang martabak/teflon. Oleskan permukaan martabak dengan mentega/margarin.
  5. Potong-potong Martabak. Sajikan Panas.

Note :
  1. Resep ini hasilnya jadi 2 (dua) buah martabak dengan teflon ukuran 25 cm.
  2. Menuangkan adonan ke teflon/loyang martabak jangan terlalu penuh, nanti bawahnya sudah gosong, permukaannya masih basah.
  3. Baking Powdernya harus yang Double Acting (merk Hercules).
  4. Bila menggunakan Teflon (pan anti lengket), jangan diolesi mentega/minyak (karena bagian bawah kulit jadinya tidak bagus). Gunakan api yang sangat kecil, agar bagian bawahnya tidak gosong. Untuk membuat pinggiran kulit martabak, harus dilakukan pada saat menuang adonan, dengan gerakan memutar teflon sampai adonan menyentuh tepi/dinding teflon. Sesekali Pan di angkat sedikit dari atas api, biar bagian kulit bawah warnanya  merata. Bagian atas adonan harus berlubang-lubang kecil dan atasnya ditutup biar permukaannya cepat kering. Untuk melepaskan pinggiran kulit martabak dari teflon, ambil pisau atau sejenisnya yang ujungnya tajam, lalu coba tusuk salah satu pinggiran sampai lepas dari teflon, lalu gerakan pisau memutari teflon untuk melepaskan pinggirannya. Setelah semua terlepas dari teflon, lipat dua martabak. Keluarkan dari teflon. Selamat mencoba ^_^

11 komentar:

  1. ragi instan merk hercules beli dmn yh?trs kocok adonan pake whisk atau mixer?tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Untuk resep ini tidak pakai ragi instan tapi baking powder merk Hercules, di swalayan banyak atau di TBK, dijualnya dalam kemasan kaleng.
      - Adonan bisa dikocok dengan whisk, dimixer atau diblender.

      Hapus
  2. setelah adonan diaduk...bisa langsung dimasak atau di diamkan dulu???tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena adonan martabak ini tidak menggunakan ragi jadi adonan bisa langsung dituang, bisa juga didiamkan dulu. Yang penting menggunakan baking powder yang masih bagus, pengocokan adonan harus benar-benar rata dan loyang martabak atau teflon harus panas, kalau kurang panas nanti martabaknya tidak akan bersarang/berserat.

      Hapus
  3. Kelemahan resep ini adalah tidak dapat membuat martabak yg tebal, hasilnya pasti gosong.

    BalasHapus
  4. terima kasih untuk resep martabak manisnya, anak saya suka banget ...

    BalasHapus
  5. ukuran baking powderx emang 1 1/4sdt kh?apa tdk terlalu banyak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk resep ini, takaran baking powdernya memang 1 1/4 sdt, kalau mau dikurangin sedikit juga bisa, takarannya pakai sendok teh ya bukan sendok makan.

      Hapus
  6. Baking powder 1 1/4 apa tidak menimbulkan rasa getir? 1 1/4 kira kir berapa gram ya? 6 gram selalu berasa getir. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 1/4 sdt Baking Powder kira-kira 4 gram dan bisa dikurangi pemakaiannya. Wajib gunakan baking powder double acting dan wajan teflon harus panas agar adonanan berongga dan empuk.

      Hapus