Kamis, 19 Januari 2012

HOMEMADE PIZZA

Dulu pikirku bikin pizza itu susah, berhubung lagi giat-giatnya belajar masak...akhirnya diniatin bikin, ternyata mudah...entah sudah berapa kali bikin pizza dengan beraneka macam topping. Asiknya  buat pizza sendiri, toppingnya bisa banyak. Untuk keju pun saya sudah pernah pakai keju Mozarela, tapi saya lebih suka Keju Quick Melt yang rasanya nggak kalah dari Mozarela, yang penting kejunya meleleh, tentunya lebih murah ^_^. Kalau roti untuk pizza, saya kurang suka yang terlalu empuk, tapi  tidak keras juga. Resep roti ini menghasilkan roti yang lumayan empuk dan sedikit renyah, soalnya ditambah telur.

Oh ya Pizza yang saya buat kali ini, tidak pakai oven cukup pakai teflon, dengan topping sosis, bawang bombay, mayonaise dan Keju Cheddar (walaupun keju cheddar tidak meleleh tapi enak juga kok)...sebenarnya ingin pakai Keju Quick Melt...tapi sudah dicari di beberapa swalayan lagi kosong, adanya si Mozarela, tapi ga niat beli, ukurannya lebih kecil dengan harga yang lebih mahal dari Mozarela yang pernah saya beli...mungkin beda kualitasnya...sempat mikir...daripada bikin pizza sendiri dengan keju yang harganya segitu...mending beli pizza aja deh...secara ingin buat sendiri kan biar hemat ^_^.
 

Untuk adonan rotinya saya buat malam sebelumnya, adonan dimasukkan kulkas, dan dikerjakan pagi hari buat sarapan. Toppingnya saya tuliskan sama dengan yang saya gunakan saat membuat pizza ini. Kalau ditambah paprika, jagung manis pipil kalengan, dan smoked beef, pastinya lebih yummy...tapi yang ini sudah enak kok. Untuk saus saya mengolesnya sampai ke pinggiran roti, semua tergantung selera masing-masing kan ^_^.

Ini Resepnya :

Bahan Roti :
300 gram Tepung terigu protein sedang
½ sdm Ragi instant
120 ml Air hangat
1 sdm Gula pasir
2 sdm Minyak zaitun
½ sdt Garam
1 butir Telur

Bahan Saus :
8 sdm Saos tomat (sesuai selera)
2 sdm Saus Sambal (optional)
2 siung Bawang putih, dicincang halus
½ buah Bawang Bombay, dicincang halus
1 sdt Garam
2 sdm Gula pasir atau sesuai selera
1 sdt Oregano
Merica secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (optional)
1 sdm Margarin untuk menumis

Bahan Topping  (sesuai selera) :
Sosis, dipotong-potong tipis, ditumis sebentar dengan margarin
1 buah Bawang bombay, diiris bulat, ditumis sebentar dengan margarin
Mayonaise, sesuai selera
Keju Cheddar/ Mozarela / Keju Quick Melt

Cara Membuat :

Roti :
  1. Larutkan ragi dengan ½ bagian air. Tambahkan gula, aduk rata. Diamkan sampai berbusa.
  2. Campur terigu dan larutan ragi, uleni sampai rata. Masukkan telur. Tuang sisa air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai setengah kalis. Masukkan minyak zaitun dan garam, terus diuleni sampai kalis, tidak lengket di tangan dan bisa dibentuk.
  3. Bulatkan adonan, taruh di wadah dan ditutup kain/plastik wrap, diamkan sampai mengembang. Kempiskan adonan.
  4. Bagi adonan menjadi 2 bagian untuk teflon/ loyang bundar diameter 22 cm, gilas adonan sampai tipis.
  5. Letakkan dalam teflon/loyang, tusuk dengan garpu bagian tengahnya.
  6. Panggang sampai setengah matang di teflon atau di oven (untuk teflon gunakan api yang sangat kecil agar bagian bawahnya tidak gosong), oleskan sausnya dan susun topping, beri mayonaise. Taburi dengan keju quick melt/mozarela/keju cheddar. Panggang sampai matang dan keju meleleh (note: keju cheddar tidak akan meleleh kecuali keju mozarela dan quick melt). Angkat. Sajikan selagi panas.

Saus :
  1. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay dan bawang putih cincang, tumis sampai harum. 
  2. Masukkan saus tomat, sambal, gula, garam, kaldu ayam, merica, dan oregano, aduk rata. 
  3. Masak sampai mendidih, angkat. Oleskan di atas pizza.

Hasil 2 buah pizza – pan diameter 22 cm

Note :
  1. Adonan roti pizza ini bisa didiamkan di dalam kulkas kalau mau digunakan keesokan harinya. Tinggal keluarkan, diamkan di suhu ruang dulu baru di gilas tipis.
  2. Untuk penggunaan fry pan bulat yang bukan pan anti lengket, bisa menggunakan baking paper/kertas roti yang dipotong sesuai ukuran pizza, agar tidak lengket. Lalu ditempelkan dibagian bawah pizza, baru di letakkan di pan.
  3. Kalau menggunakan teflon sebaiknya adonan roti pizza dipanggang setengah matang baru dioleskan sausnya.
  4. Minyak Zaitun bisa digantikan dengan minyak goreng.

1 komentar:

  1. kalau terigunya saya ganti pake cakra kembar bisa empuk tdk Mbak? terimaksih

    BalasHapus