Selasa, 21 Februari 2012

PERKEDEL KENTANG

Salah satu favorit saya, perkedel ini paling enak dicocol saus sambal. Oh ya perkedelnya pernah saya coba menggunakan ayam giling, dan rasaya saya tidak suka, sangat terasa lemak ayamnya, karena ada campuran kulitnya. Jadi sebaiknya gunakan daging ayam tanpa kulit yang direbus atau dikukus. Bisa juga menggunakan chicken nugget yang digoreng terlebih dahulu kemudian di potong-potong. Untuk kentangnya saya lebih suka dikukus dengan kulitnya, bisa juga digoreng kemudian dihaluskan. Tapi saya lebih suka yang dikukus ^_^.
(perkedel sebelum digoreng)

Ini resepnya :

Perkedel Kentang
By : Melani W

Bahan :
6 buah Kentang ukuran sedang, dikukus
1 buah dada Ayam tanpa kulit, direbus atau dikukus, kemudian potong-potong kecil
1 sdt Kaldu Ayam bubuk (sesuai selera)
½ sdt Merica bubuk
1 batang daun Seledri, iris tipis
1 butir Telur, kocok lepas

Cara membuat :
  1. Kentang yang telah dikukus dibersihkan dari kulitnya, taruh diwadah, beri potongan ayam, seledri, kaldu bubuk, merica bubuk, kemudian haluskan kentang yang masih panas menggunakan sendok besar dan aduk rata sampai tercampur dengan bumbu-bumbunya. Cicipi rasa.
  2. Ambil satu sendok adonan kentang, kemudian bentuk. Celupkan ke kocokan telur, lalu goreng dengan api sedang sampai berwarna kuning keemasan. Angkat.
  3. Sajikan panas dengan saus sambal.


Note :
  1. Usahakan jangan terlalu lama menghaluskan dan mengaduk adonan kentang.
  2. Pada saat memasukkan perkedel yang telah dicelup dikocokan telur ke minyak goreng, siram-siram atasnya dengan minyak panas, sampai membentuk kulit telur (agar perkedel tidak pecah saat dibalik) dan sebaiknya hanya sekali  membalikkan perkedel saat digoreng.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar