Minggu, 12 Februari 2012

AMERICAN RISOLES



Pertama kali saya bikin risoles itu 3 tahun lalu, saya membuat risoles ragout. Itu karena saya kangen risoles ragout yang di Semarang  yang rasanya enak dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran risoles pada umumnya. Jadi ingat kue pertama yang saya buat dulu itu crepe vla coklat dan resepnya hasil browsing di internet. Saya belajar aneka masakan dan kue pun lewat internet, mampir di berbagai macam foodie blog, dan para suhu-suhu dengan senang hati berbagi resep, tips dan cara membuat masakan dan kue di blog mereka, sangat membantu sekali bagi pemula seperti saya. Indahnya berbagi ilmu ya ^_^.

Untuk membuat kulit risoles saya tidak mengalami kesulitan waktu itu, karena pembuatannya mirip dengan crepe. Hanya saja saya sempat kapok membuat risoles ragout, bukan karena tidak berhasil membuatnya ya, hehe...dulu setiap 2 keponakan saya ulang tahun, saya bersedia membuatkan snack boxnya, saya membuat risoles ragout dan brownies kukusnya sendiri, akhirnya saya tidak tidur seharian, hehe.

Nah, balik lagi ke American risoles, saya sudah beberapa kali membuat risoles ini dan untuk resep kulitnya saya selalu menggunakan resep dari Sahabat Nestle yang saya lihat di ResepKita, yang lebih irit telur ^_^. Oh ya, untuk membuat kulit risolesnya saya menggunakan kuas besar yang dicelupkan ke adonan kulit dan dioleskan beberapa kali ke pan anti lengket, prosesnya lebih cepat, dan hasilnya kulitnya tipis. Untuk isiannya saya modifikasi, menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada. Saya membuat American risoles yang kecil, pembuatan kulitnya menggunakan pan kecil untuk membuat telur.
(American risoles sebelum dibalur di tepung panir/bread crumbs)


 (sesudah dibalur di tepung panir/bread crumbs)

Ini Resepnya :

Bahan-Bahan :
100 gram tepung panir putih/bread crumbs
1 butir telur ayam, kocok lepas
Minyak Goreng untuk menggoreng Risoles   

Bahan Kulit:
100 gram Tepung terigu
1 sdm Susu bubuk Fullcream
½ sdt Baking powder
½ sdt Garam
½ sdt Merica bubuk
1 butir Telur ayam, kocok
150 ml Air
½ sdm Minyak sayur
    
Bahan Isi (modified by me) :
150 ml Mayonnaise botolan
5 lembar Smoked beef, potong-potong (saya pakai sosis)
2 buah Jagung manis, dipipil
150 gram Keju cheddar parut
2 butir Telur ayam rebus, kupas, potong-potong

Cara Membuat :

Membuat Kulit :
  1. Campur tepung terigu, susu bubuk, baking powder, merica dan garam dalam wadah hingga rata.
  2. Tambahkan telur, aduk-aduk sambil tuangi air sedikit-sedikit hingga licin, tidak ada gumpalan.
  3. Masukkan minyak, aduk rata.
  4. Panaskan wajan dadar anti lengket 20 cm, olesi sedikit minyak.
  5. Tuangkan 1 sendok sayur adonan sambil putar hingga membentuk bundaran. Masak hingga sisinya kering. Angkat.
  6. Kerjakan yang sama dengan sisa adonan. Sisihkan.

Membuat Risoles:
  1. Ambil selembar kulit risoles. Isi dengan sepotong smoked beef, potongan telur rebus, jagung manis pipil, keju parut, dan mayonnaise.
  2. Lipat hingga rapi, seperti amplop. Celupkan ke telur kocok, lapisi tepung panir/bread crumbs.
  3. Diamkan selama 30 menit hingga agak kering atau diamkan didalam kulkas.
  4. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan.
  5. Angkat, sajikan hangat dengan saus sambal.


Note :
  1. Jangan memotong keju dan telur rebus terlalu tebal. Jika isi terlalu tebal atau besar maka saat digulung kulit risoles akan mudah sekali pecah.
  2. Untuk membuat kulitnya, bisa dengan menggunakan kuas besar yang di celupkan ke adonan kulit dan oleskan beberapa kali membentuk bundaran ke pan anti lengket yang sudah dipanaskan.
  3. Minyak sayur bisa diganti dengan minyak goreng.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar