Kamis, 09 Februari 2012

MARTABAK BOLU DURIAN


Posting Martabak lagi, tapi kali ini saya membuat martabak bolu. Karena dirumah ada sisa 1 buah durian, dimakan begitu saja sudah bosan, akhirnya si durian berakhir jadi fillingnya martabak bolu. Saya lihat resep ini di blognya Mbak Mira G. Lestari (Dapur Ipoek) klik disini, yang punya resep Mbak Nunun Bundazasha.

Resep ini menghasilkan 2 buah martabak bolu (saya menggunakan teflon) dan saya membuat 2 macam martabak bolu, yang satunya saya tambahkan pasta pandan saja dan untuk fillingnya saya menggunakan 1 buah durian (jadinya banyak...hehe), keju cheddar parut dan susu kental manis. Martabak bolunya saya bawakan juga buat 2 keponakan saya yang pecinta buah durian dan martabak manis ^_^.
 

Ini resepnya :

Bahan I :
250 gram Tepung terigu segitiga
50 gram Gula pasir
1/2 sdt Baking powder
1/2 sdt Garam
350 ml Susu cair
1 sdt Ragi instant

Bahan II :
4 butir telur
1/4 sdt soda kue (saya tidak pakai)
50 gr gula pasir

Cara Membuat :

  1. Kocok bahan I kecuali ragi instant menggunakan mikser sampai tercampur dengan lembut. Lalu tambahkan ragi instant, aduk rata, tutup diamkan 1 jam sampai mengembang.
  2. Kocok bahan II menggunakan garpu sampai gula larut. Tambahkan ke dalam bahan I. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
  3. Panaskan loyang martabak. Tuang adonan, lalu ratakan. Tutup dan tunggu sampai adonan berlubang-lubang.
  4. Taburi dengan gula pasir dan beri margarin/butter.
  5. Angkat, belah dua martabak, siap diberi filling (keju, meises, susu kental manis, kacang, durian) sesuai selera.

Filling :
Daging buah durian, haluskan
Susu kental manis
Keju cheddar parut

Cara membuat :
Campur daging durian dengan susu kental manis, cicipi rasa. Oleskan diatas Martabak bolu, taburi keju parut dan beri susu kental manis lagi.

1 komentar: