Minggu, 19 Februari 2012

PUDING MANGGA



Lagi ada mangga di rumah...ingin makan yang segar-segar dulu. Tapi, bosan juga kalau dimakan begitu saja, akhirnya mangganya saya bikin puding. Oh ya, waktu pembuatan puding ini, karena terburu-buru saya salah mengambil agar-agar, saya mengambil yang berwarna merah, hehe. Ya sudahlah, akhirnya dibuat juga, warnanya malah tidak merah, jadinya pink begitu tercampur dengan susu. Langsung terpikir untuk membuat 2 lapisan puding, yang pink dan lapisan kuning yang dicampur dengan mangga yang sudah dihaluskan. Lagi-lagi karena saya terburu-buru, cairan puding panas campuran mangga yang berwarna kuning langsung saya tuangkan diatas puding pink yang belum mengeras, jadilah warnanya tercampur-campur...tapi cantik juga hasilnya ^_^.

Saya menggunakan 6 buah mangga manis berukuran kecil, yang 4 buah mangga untuk campuran puding, sementara agar-agar bubuknya saya hanya menggunakan setengahnya saja (agar pudingnya tidak terlalu keras) dan sisa 2 buah mangga untuk vla mangganya. Untuk vlanya sengaja saya buat tidak terlalu mengental. Kalau mangganya ditambah lebih banyak untuk pudingnya pasti rasanya mangga banget ya, tapi yang ini sudah enak kok, apalagi vlanya ^_^.

Ini resepnya :

PUDING MANGGA
By : Melani W

Bahan I :
600 ml air
½ bungkus agar-agar bubuk warna merah
Susu Kental Manis (untuk susunya dikira-kira saja ya)
3 sdm Gula Pasir (Sesuai selera)

Cara Membuat :
Campur semua bahan, aduk rata (sampai campuran agar-agar dan susu berwarna pink), cicip dahulu apabila sudah dirasa pas manisnya. Masak sampai mendidih sampai terus diaduk. Angkat dan tuang kedalam cetakan puding.

Bahan II :
600 ml air
½ bungkus agar-agar bubuk plain
4 buah Mangga manis ukuran kecil, yang sudah dihaluskan/diblender
Susu Kental Manis (dikira-kira saja)
3 sdm Gula Pasir

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan, aduk rata, cicipi rasa. Masak sampai mendidih, sambil terus diaduk. Angkat cairan puding panas dan tuang di atas puding pink yang sudah mengeras (kalau ingin warnanya seperti di foto, cairan puding dituang diatas puding berwarna pink sudah agak mengeras). Diamkan sampai puding mengeras.
  2. Sajikan dingin dengan vla mangga.

Vla Mangga :
300 ml air
Susu Kental Manis (dikira-kira saja)
Gula Pasir
4 sdm Mangga manis yang sudah dihaluskan
1 ½ sdm Maizena yang dicairkan dengan sedikit susu
2 buah mangga manis ukuran kecil, dipotong dadu

Cara membuat :
  1. Campur air, susu kental manis, gula pasir dan mangga yang sudah dihaluskan, aduk rata. Masak sampai campuran mangga panas, masukkan larutan maizena, masak sampai mendidih dan mengental. Masukkan potongan mangga, aduk sebentar, cicipi rasa. Angkat.
  2. Sajikan dingin dengan puding mangga.

Note :
Kalau ingin menggunakan 1 bungkus agar-agar bubuk, air/susu ditambah menjadi 1200 ml.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar