Selasa, 13 Maret 2012

FRENCH FRIES (KENTANG GORENG AYAM SOSIS)

Resep aslinya menggunakan singkong, tapi karena lagi banyak kentang di rumah, akhirnya saya pakai kentang saja. Rasanya mirip perkedel dan kroket, teksturnya lembut, enak buat cemilan. Lain kali saya akan coba resep yang asli pakai singkong.

Karena saya pakai kentang yang dihaluskan, maka saya tidak menggunakan bawang putih. Menurut saya kentang yang sudah dihaluskan rasanya tidak cocok dengan bawang putih, baik dibikin perkedel sekalipun, beda lagi kalau dibuat potato wedges, paling enak pakai bawang putih, hehe. Tapi ya kembali ke selera masing-masing ^_^.

Berikut saya sertakan resep aslinya disebelah kiri dengan resep yang sudah saya modifikasi disebelah kanan.






Ini resepnya :
Resep asli Singkong French Fries
Sumber Resep : Tabloid Nyata & resep hasil modifikasi dari saya

Bahan :
250 gram Singkong Kupas, kukus, haluskan---> (saya pakai 250 gram Kentang, kukus, haluskan)
Margarin 2 sdm, lelehkan
Filet ayam 100 gram, haluskan
Garam 1 sdt---> ( untuk kentang saya tidak pakai, karena sudah pakai keju)
Merica bubuk 1/2 sdt
Telur ayam 2 butir
Bawang Putih 3 siung, haluskan---> (untuk kentang, saya tidak pakai)
Kemiri 2 butir, haluskan---> (untuk kentang, saya tidak pakai)
Keju Cheddar parut, sesuai selera saja---> (untuk kentang, ini tambahan dari saya, di resep asli tidak pakai)
2-3 buah Sosis---> (untuk kentang, ini tambahan dari saya, di resep asli tidak pakai)
Susu Bubuk Full Cream---> (untuk kentang, ini tambahan dari saya, di resep asli tidak pakai)
Minyak Goreng 350 ml (pokoknya harus digoreng dengan minyak banyak)
Bubuk Perasa Berbeque secukupnya

Cara Membuat :
  1. Campur Singkong, ayam, telur, margarin, garam, merica, bawang putih dan kemiri, aduk rata. (Untuk kentang : Campur Kentang, susu bubuk, ayam, sosis, telur, margarin, merica, keju, aduk rata). Cicipi rasa.
  2. Tuang adonan dalam loyang berlapis kertas minyak, padatkan setebal 1 cm, potong-potong ukuran 1,5x6cm.
  3. Goreng adonan hingga matang dan kecoklatan. Angkat, Tiriskan.
  4. Taburi dengan bubuk berbeque ( Untuk Kentang : taburi dengan bubuk berbeque tambahkan Mayonaise dan Sambal). Sajikan.
Note :
  • Harus diingat untuk selalu mencicipi rasa terlebih dahulu.
  • Kentang sebaiknya dikukus dengan kulitnya, baru dikupas, dan dihaluskan selagi hangat.
  • Padatkan lagi adonan yang sudah dipotong dengan tangan sebelum digoreng, agar tidak mudah hancur, cukup sekali dibalik.
  • Adonan harus digoreng dengan minyak banyak, sampai adonan terendam minyak.
  • Gunting kertas minyak melebihi batas loyang untuk memudahkan mengangkatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar