Senin, 29 Oktober 2012

BUTTERMILK PANCAKE

Buttermilk Pancake ini teksturnya sangat lembut. Pancake ini paling enak dimakan saat masih hangat dengan topping es krim, sirup maple atau yang manis-manis, karena pancake rasanya tawar ^_^. Kalau untuk aku pancake cukup dinikmati dengan susu kental manis saja atau dengan filling meises coklat dan susu kental manis, rasanya jadi mirip martabak manis, hehe.


Ini resep Best Buttermilk Pancakenya Martha Stewart dan proses pembuatannya saya lihat di blognya Joanna Goddard. Hanya cara penyajian yang berbeda, semua sesuai selera masing-masing ya ^_^. Kalau saya, selagi pancake masih panas di oles butter wysman lalu diberi meises coklat dan susu kental manis, ditumpuk lagi dengan pancake yang masih panas agar meisesnya meleleh (untuk isian pancake bisa divariasikan dengan keju, selai atau krim).

Ini Resepnya :
Best Buttermilk Pancake by Martha Stewart

Bahan :
2 cups tepung terigu serbaguna
2 sdt baking powder
1 sdt soda kue
 ½ sdt garam
3 sdm gula pasir
2 telur ukuran besar, kocok lepas
3 cup buttermilk (campur susu cair full cream atau susu evaporated dgn 2 sdm cuka atau air jeruk nipis).
4 sdm mentega tawar (unsalted butter), dilelehkan

Cara Membuat :
  1. Dalam Wadah, campur tepung terigu, baking powder, soda kue, garam dan gula. Di wadah terpisah, campur telur, buttermilk dan mentega tawar leleh.
  2. Tuang bahan cair (campuran buttermilk) ke  bahan kering (campuran tepung), aduk rata hanya sampai tercampur saja, jangan diaduk berlebihan, biarkan masih ada gumpalan-gumpalan/bergerindil.
  3. Panaskan wajan/teflon anti lengket, oles dengan sedikit mentega.
  4. Tuang ½ cup adonan pancake ke wajan/teflon. Saat permukaan pancake mulai berlubang, dan pinggirannya sudah agak kering, sekitar 2,5 menit, segera balik pancake. Masak sampai bagian bawah pancake berwarna kecoklatan, sekitar 1 menit. Angkat. Ulangi sampai adonan habis.
  5. Sajikan pancake selagi hangat.

2 komentar:

  1. Wew enak bgt mirip kaya martabak manis, ada resep untuk pancakenya gk ya?

    BalasHapus
  2. Nanti saya tambahkan resepnya ya.

    BalasHapus