Sabtu, 07 Januari 2012

OPOR AYAM KUNING KERING


Saya sangat suka Opor ayam kering  ini, bumbunya sangat terasa. Saya menambahkan kunyit, agar penampilannya lebih menarik, kekuningan gitu deh, hihi. Opor ini jadi menu makan malam hari ini. Dimakan dengan nasi hangat bikin nambah dan nambah lagi...hmm delicious.
Opor ayam lebih yummy kalau menggunakan ayam kampung, tapi saya pakai ayam daging, karena yang di freezer hanya ada itu, hehe.
Resep Opor Ayam ini saya lihat di blognya Mbak Yunita Amaliawati (Pawonomah), dan tentunya sudah di modifikasi oleh saya, lihat resep aslinya klik disini.

Ini resepnya yang sudah saya modifikasi :

Bahan :
1 ekor ayam daging, potong menjadi 6 bagian
5 lembar daun jeruk, disobek-sobek sedikit
3 lembar daun salam
3 btg sereh, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
200 ml santan kental instant
600 ml santan encer (saya mengambil sedikit sekali santan kental instant dan dicampur dengan 600 ml air) untuk mengempukkan daging ayam
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus :
15 bh bawang merah
10 bh bawang putih
2-4 cm jahe
1 ruas kunyit
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt merica
1/2 sdt jinten
3 bh kemiri sangrai
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas, sereh hingga layu dan harum.
  2. Masukkan ayam daging, aduk hingga bumbu rata. Biarkan beberapa saat.
  3. Tambahkan santan encer, aduk dan biarkan hingga ayam empuk . Jika belum empuk bisa tambah air dan waktunya. Hingga kuah hampir habis.
  4. Tuang santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan agar santan tidak pecah. Tiap kali menuang, biarkan santan mendidih baru tambahkan santan lagi.
  5. Cicipi, teruskan memasak sambil sesekali diaduk sampai santan habis dan bumbu menempel di ayamnya. Angkat.
  6. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar